6 Langkah Cuci Tangan Wajib untuk Kesehatan


6 Langkah Cuci Tangan Wajib untuk Kesehatan
Sejak kalian kecil, pasti telah sering dinasehati oleh orang tua atau guru kalian agar selalu rajin mencuci tangan sebelum makan atau melakukan banyak aktifitas agar kalian tidak mudah sakit. Kegiatan sederhana ini memang dapat menekan penyebaran penyakit dengan signifikan. Sebagai contoh,sekalianinya kalian berada dalam bus dan berpegangan pada tiang, bisa jadi tiang tersebut baru saja dipegang seseorang yang sedang terkena demam atau flu dan kerap menutup hidungnya saat bersin dengan tangan. Jika kalian tidak langsung mencuci tangan , dikhawatirkan penyakit tersebut pun dapat berpindah ke tubuh kalian dengan mudah saat kalian makan atau sekadar memegang mulut dan hidung. Selain demam dan juga flu, banyak sekali berbagai penyakit berbahaya lainnya yang juga dapat menular melalui tangan kalian sehingga kegiatan mencuci tangan tentu harus dilakukan dengan rutin dengan mengikuti aturan 6 langkah cuci tangan.
Berikut adalah  6 langkah cuci tangan yang bisa kalian praktekan, yaitu antara lain :
1.    Dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash). Rumah sakit akan menyediakan kedua ini di sekalianr ruangan pelayanan pasien secara merata.
2.    Handrub dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash 40-60 detik.
3.    kalian melakukan  lima kali melakukan handrub sebaiknya diselingi satu atau dua kali handwash dan pastikan tangan sudah bersih dan serasa steril6 Langkah Cuci Tangan Wajib untuk KesehatanDan seterusnya yaitu 6 langkah cuci tangan yang benar menurut badan kesehatan WHO yaitu :
1. Tuang secukupnya cairan handrub pada telapak tangan dan kemudian usap serta gosok pada kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Selanjutnya gosok dan usap kedua punggung tangan secara bergantian
3. Gosok pada sela-sela jari tangan kalian hingga bersih
4. Bersihkan ujung jari kalian secara bergantian pada posisi saling mengunci
5. Putar dan Gosok kedua ibu jari kalian secara bergantian
6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kalian dan kemudian gosok secara perlahan
Cara mencuci tangan dengan menggosokkan saja menggunakan larutan antiseptik berbasis alkohol, atau dengan mencuci menggunakan air dan sabun antiseptik.
Kapankah waktu terbaik untuk mencuci tangan? Banyak orang yang menyebut sebelum makan sebagai waktu paling krusial untuk mencuci tangan mengingat tangan tentu akan memegang makanan yang akan kalian masukkan ke mulut. Tangan yang penuh dengan kuman dan bakteri tentu akan membuat makanan menjadi tercemar dan makanan tersebut akan kalian konsumsi dan dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, beberapa kegiatan harian layaknya setelah membuang sampah, setelah memegang hewan, atau bahkan sekadar setelah ke toilet adalah waktu-waktu paling penting untuk mencuci tangan.
Mencuci tangan mestinya dilakukan dengan sabun, tidak hanya menggunakan air biasa karena sabun tentu akan membersihkan banyak kuman dan bakteri dengan lebih signifikan jika dibandingkan dengan air saja. Saat mencuci tangan, gosokkan tangan satu sama lain hingga ke sela-sela dan ujung jari sehingga tidak ada sejengkalpun kuman dan bakteri yang dapat bebas berkembang di tangan kalian. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu, lap, atau bahkan mesin pengering yang banyak tersedia di kamar mandi umum. Beberapa pakar kesehatan berkata bahwa mengeringkan tangan yang barus aja dicuci sebaiknya dengan tisu saja mengingat pengering tangan otomatis ternyata dapat menampung banyak bakteri yang membuat tangan kalian menjadi tidak bersih lagi dari kuman dan bakteri. Tisu, khususnya yang kalian bawa sendiri tentu akan lebih bersih sehingga kalian pun bisa makan atau menyentuh wajah kalian dengan lebih aman.

6 Langkah Cuci Tangan Wajib untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabiel

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.