Cuaca Panas Merupakan Penyebab Utama Biang Keringat


Cuaca Panas Merupakan Penyebab Utama Biang Keringat

Biang keringat merupakan suatu iritasi pada kulit yang disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan pada saat cuaca yang panas dan lembap. Biang keringat juga bisa terjadi pada usia berapapun tetapi yang paling sering terjadi biang keringat adalah pada anak-anak. Biang keringat sering tampak seperti kumpulan jerawat yang memerah yang berukuran kecil-kecil. Biang keringat juga lebih sering terjadi pada leher, pada dada bagian atas, selangkangan, bisa juga ada di bawah payudara, dan pada lipatan siku.

Pada orang dewasa biasanya, penyebab biang keringat merupakan keringan yang sangat berlebih dapat membuat pori-pori dan kelenjar keringat bekerja berlebih dan menyebabkan tersumbat nya pori-pori. Keringat yang tersumbat membuat terjadinya iritasi pada kulit dan biang keringat. Sedangkan yang biasanya terjadi pada anak-anak adalah kelenjar keringat mereka masih belum terbentuk dengan sempurna dan mudah pecah mengakibatkan keringat akan terperangkap di bawah kulitmya.

Di samping itu, juga jika seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih juga sangat rentan sekali memproduksi keringat berlebih. Olahraga dan bed rest yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan munculnya biang keringat.

Artikel kali ini akan membahasa beberapa penyebab biang keringat yang menbuat kulit kita menjadi terasa gatal dan tidak nyaman.

1.                Beriklim teropis
Iklmim yang teropis merupakan hal yang menjadi penyebab biang keringat pasalnya cuaca panas dan lembap seperti di Indonesia dapat menyebabkan munculnya biang keringat pada kulit.

2.                Bed rest
Risiko yang terjadi pada saat terlalu lama bed rest bisa jadi merupakan salah satu penyebab biang keringat. Karena hal ini biasanya dialami pada orang yang diwajibkan untuk melakukan beristirahat di ranjang dengan waktu yang cukup lama. Kemunculan biang keringat ditandai dengan adanya beberapa benjolan-benjolan yang sangat kecil pada pintu masuk ke kelenjar keringat. Biang keringat yang lebih lanjut mungkin dapat memiliki derajat iritasi dan bekas luka yang cukup besar dan akan menimbulkan benjolan merah. Beberapa orang yang dengan biang keringat sangat gatal, sedangkan orang lain ada yang  mungkin tidak mengalami gejala yang mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Perlu kalian waspadai bahwa jika menggaruk dengan cara yang berulang akan dapat menyebabkan bekas luka pada garukan tersebut. Luka lecet pada kulit biasanya akan terlihat jelas pada daerah-daerah yang tertutup pakaian misalnya seperti pada dada, punggung, dan daerah yang terjadi tekanan atau tergesek oleh pakaian. Dan juga yang harus kalian ketahui bahwa setiap bagian tubuh yang mengeluarkan kelenjar keringat memiliki risiko tinggi untuk mengembangkan biang keringat kembali. Beberapa bagian tubuh yang mengeluarkan kelenjar keringat seperti pada wajah, leher, punggung, perut, lipatan paha, siku, dan pantat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk bisa terjadi biang keringat.

3.                Aktivitas berlebih
Dengan olahraga atau melakukan pekerjaan yang akan memerlukan aktivitas fisik yang berat dan berlebihan hingga menyebabkan keluarnya banyak keringat juga bisa menjadi salah satu terjadinya penyebab biang keringat.

4.                Pakaian tebal
Dengan memakai pakaian yang tebal akan membuat terlalu panas pada bagian tubuh umumnya karena berpakaian terlalu tebal akan menyebabkab produksi keringat meningkat dan dengan kondisi ini bisa menjadi penyebab biang keringat.

5.                Kelenjar keringat yang belum berkembang
Pada kasus biang keringat biasanya akan lebih mudah terjadi pada bayi dan anak-anak, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas atau tebal, dan bisa juga saat mengalami demam. Pada bayi yang belum memiliki kelenjar keringat yang belum berkembang sepenuhnya dan terkadang akan menjadi salah satu penyebab biang keringat karena tertahannya keringat di balik kulit.



Cuaca Panas Merupakan Penyebab Utama Biang Keringat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabiel

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.