Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Indonesia


Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Indonesia

Bulan suci Ramadhan telah tiba umat muslim di berbagai penjuru dunia bergembiran menyambut bulan yang penuh berkah dan ampunan ini. Bukan haya bulan penuh berkah dan ampunan saja pada bulan ini banyak sekali tradisi ramadan di berbagai pejuru dunia bahkan tak kalah penting lagi di Indonesia pun memiliki tradisi ramadan yang banyak sekali di tunggu masyarakat. Pada bulan yang penuh berkah ini, selama satu bulan penuh lamanya, semua umat muslim di berbagai penjuru dunia melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa dimulai dari terbitnya matahari sampai dengan terbenamnya matahari atau biasa nya yang sangat di tunggu yaitu adzan magrib.

Tidak hanya berpuasa saja di bulan Ramadhan juga biasa banyak sekali diwarnai dengan pelaksanaan ibadah lainya seperti shalat taraweh berjamaah, tadarus al-quran bersama dan juga ibadah lainnya yang mendapatkan pahalanya berlipat ganda pada bulan Ramadhan. Ibadah yang dikerjakan pada bulan tersebut selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dan juga akan meningkatkan tali silaturahmi antar sesama manusia. Maka dari itulah kenapa bulan suci ramdhan ini selalu ditunggu-tunggu umat muslim di berbagai penjuru dunia.

Bukan hanya di tunggu saja kedatangan bula suci ramdhan akan tetapi banyak masyarakat kita menunggu tradisi ramadan tiba. Seperti indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia memiliki berbagai macam tradisi Ramadan. Bukan hanya kata-kata saja dalam menyambut bulan suci Ramdhan saja yang ramai sekali, tradisi yang sangat khas menjelang bulan suci Ramadhan juga tidak kalah ramai ditunggu masyarakat kita.

Tradisi-tradisi untuk menymbut bulan suci ramadhan ini bisa sering kita temui di hampir semua penjuru tanah air. Tradisi ini juga sudah ada sejak ratusan tahun dan masih sangat terpelihara sampai sekarang ini.
Biasanya masyarakat Indonesia akan menggelar berbagai macam acara-acara untuk menyambut bulan Ramadhan dengan sangat meriah sekali. Walaupun caranya berbeda-beda di berbagai pulau di Indonesia. Tradisi ramadan di Indonesia ini memiliki semangat yang sama untuk menyambut bulan penuh berkah ini. 

Nah artikel ini akan memberikan beberapa tradisi ramadan untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah dan ampunan ini.

1.                  Malamang
Makanan yang satu ini menjadi bagian yang sangat penting di berbagai tradisi ramadan yang ada di Minangkabau, Sumatra Barat. Begitu juga hal nya untuk merayakan hari-hari penting keagamaan salah satunya adalah ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Setiap menjelang bulan suci Ramadhan masyarakat di Minangkabau akan beramai-ramai untuk membuat lamang atau lemang yang terbuat dari beras ketan ketan ini.

2.                  Meugang
Meugang adalah merupakan tradisi memasak daging dan menikmatinya secara bersama-sama dengan orang terdekat dan juga para yatim piatu. Tradisi ramadan yang sangat unik ini berasal dari daerah Aceh. Tradisi Meugang ini juga menjadi sebuah kewajiban untuk masyarakat Aceh. Karena pasalnya mereka percaya bahwa kebaikan dan keberkahan yang mereka dapatkan selama 11 bulan lamanya patut disyukuri dengan cara menggelar acara tradisi Meugang ini.

3.                  Nyadran
Nyadran atau biasa orang-orang mengenal dengan sebutan Nyekar merupakan salah satu kegiatan untuk berziarah ke makam para leluhur. Nyadran merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh masyarakat yang ada di kepulauan Jawa sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Tradisi ramadan Nyadran ini juga biasanya dilakukan oleh masyarakat yang ada di Jawa Tengah. Nyadran sendiri merupakan tradisi untuk  pembersihan dan juga tabur bunga dimakam.

4.                  Megengan
Di surabaya juga memiliki tradisi Ramadan yang unik dan wajib untuk dilakukan setiap menjelang bulan suci Ramadhan yaitu tradisi megengan, tradisi ini masih dilaksanakan sampai sekarang ini. Megengan merupakan kegiatan memakan kue apem sebagai bentuk untuk menyucikan diri Selain memakan kue apem para warga juga akan melakukan tahlilan yang bertujuan untuk mendoakan mendiang saudara yang terlebih dahulu pergi meninggalkan mereka.

5.                  Padusan
Padusan merupakan salah satu tradisi unik menjelang bulan suci Ramadan yang berasal dari daerah Boyolali. Padusan sendiri merupakan sebuah kegiatan mandi atau berendam di laut atau sumber-sumber mata air yang dianggap masyarakat sekitar kramat. Hal tersebut dipercaya oleh masyarakat dapat menyucikan diri sebelum masuk bulan suci Ramadhan. 


Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabiel

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.