Blog tentang Motivasi dan Kata mutiara kehidupan bagi keluarga dan orang tercinta

Rabu, Desember 18, 2019

Cegah Gangguan Sistem Pencernaan Pada Si Kecil



Sistem pencernaan yang dimiliki oleh bayi berbeda dengan yang dimiliki oleh kita sebagai orang dewasa. Karena kemampuan bayi untuk mencerna makanan masih berkembang dan belum sempurna. Kondisi ini membuat bayi sangat rentan terhadap berbagai masalah pencernaan.Walau pun sering terjadi, gangguan pencernaan pada bayi sulit sekali diketahui. .Bayi yang belum bias bicara atau masih kesulitan berbicara, tentu tidak dapat memberitahu apa saja gejala yang dirasakan, yang dapat mereka lakukan hanyalah menangis dan terlihat lemah. Bila kondisi ini terjadi, jangan lah menunda untuk pergi kedokter supaya gejala dan penyakit yang dirasakan tidak bertambah parah dan lebih mudah diobati.

Salah satu gejala gangguan pencernaan yang biasa dialami oleh para bayi ialah muntah yang disebabkan oleh asam lambung atau kondisi lainnya. Sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna membuatnya bekerja lebih lama dari orang dewasa pada umumnya. Akibatnya, asam lambung bisa naik kekerongkongan. Kondisi ini menyebab kan bayi memuntahkan sebagian besar makanan nya atau tersedak saat menyusui. Selain muntah, Anda bias merasakan adanya bunyi pada perut bayi.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan kondisi popok agar tidak terlalu ketat, memberi makan bayi dengan porsi yang lebih sedikit tapi sering, dan tegak kan tubuh bayi selama 30 menit setelah menyusui. Selain asam lambung, bayi yang terlalu banyak makan atau minum ASI juga biasa muntah. Namun, jika bayi terus muntah disertai perubahan warna muntah, sering tersedak, atau menolak untuk makan dan meminum ASI, segeralah lakukan pemeriksaan kedokter. Bisa juga Anda membeli obat ke apotik terdekat, namun dengan syarat jangan sekali-kali memberikan obat pada bayi tanpa petunjuk dari dokter.

Maka dari itu, orang tua juga harus benar-benar memerhatikan apapun, yang dimakan si kecil, agar hal yang tidak di inginkan tidak terjadi pada anak Anda. Konsultasikan juga tentang pengobatan tersebut kepada para dokter anak untuk mengendalikan gejala. .Untuk mempelajari lebih lanjut tentang gangguan pencernaan lainnya yang dapat terjadi pada bayi, Anda dapat membaca referensi artikel : https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.