Blog tentang Motivasi dan Kata mutiara kehidupan bagi keluarga dan orang tercinta

Jumat, Desember 27, 2019

Kenali Kelainan Pada Menstruasi Ini,Apakah Kamu Pernah Mengalami?


Kenali Kelainan Pada Menstruasi Ini,Apakah Kamu Pernah Mengalami?

Menstruasi merupakan sebuah siklus dalam reproduksi wanita. Pada kondisi normal seorang wanita akan mengalaminya sekali dalam sebulan. Namun ada beberapa kelainan dalam proses terjadinya menstruasi. Kebanyakan wanita pernah mengalaminya. Apa saja kelainan tersebut?

5 Kelainan Menstruasi Yang Sering Terjadi

Ada lima kelainan yang sering terjadi pada masa menstruasi wanita. Kebanyakan menjadi penyebab haid tidak teratur Ada yang disebut amenore,pramenstruation syndrome, dismenore, oligomenore dan perdarahan abnormal, masing-masing bisa diatasi dengan cara medis.
1.     Amenore
Adalah tidak mengalami menstruasi pada rentang waktu tertentu. Ada yang disebut primer yaitu merupakan kondisi dimana seorang wanita belum mengalami menstruasi di atas usia 15 tahun. Ada yang dikategorikan sekunder yaitu wanita yang biasanya menstruasi teratur namun tiba-tiba  tidak menstruasi lebih kurang tiga bulan atau lebih.

2.     Pra Menstruation Syndrom
Kondisi perubahan karakter, kebiasaan dan kondisi fisik tubuh menjelang menstruasi. Terjadi seminggu sebelum siklus menstruasi normal wanita. Hal ini ditandai dengan mood yang mudah berubah, gairah seksual menurun drastic, payudara mengalami pembengkakakn dan terasa ngilu, tumbuhnya jerawat hingga susah tidur.

3.     Dismenore
Merupakan kelainan dimana wanita mengalami rasa sakin tak tertahankan setiap menstruasi, biasanya akan terjadi pada 24 jam pertama menstruasi. Pada umur wanita di bawah 30 tahun hal itu tergolong normal dan dapat diobati dengan pemberian obat anti nyeri. Sedangkan jika terjadi pada usia di atas 30 dikarenakan beberapa faktor seperti radang, hamil ektopik atau lainnya.

4.     Oligomenore
Kelainan ini ditandai dengan siklus menstruasi yang lama, bisa sampai setiap 90 hari sekali. Beda dengan kondisi normal dimana seorang wanita mengalaminya dalam siklus setiap 21 hingga 35 hari sekali. Banyak yang akhirnya mencari cara agar darah jaid keluar deras namun hal itu bukanlah solusi, sebaiknya adalah konsultasi dengan dokter.

5.     Perdarahan Abnormal
Merupakan pendarahan yang terjadi di  luar siklus menstruasi normal diantaranya adalah  setelah mengalami menopause, diantara dua siklus menstruasi atau setelah berhubungan intim. Penyebabnya beragam tergantung dari usia wanita tersebut.
Kalau Anda pernah mengalami salah satunya dan masih terus mengalami hingga saat ini ada baiknya untuk mencari solusi. Agar hal tersebut tidak mengganggu tingkat kesuburan Anda, karena jika diabaikan bisa saja hal buruk terjadi pada Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.