Blog tentang Motivasi dan Kata mutiara kehidupan bagi keluarga dan orang tercinta

Minggu, Mei 03, 2020

Jenis Obligasi yang Harus Diketahui Investor Pemula



Jenis-jenis dari obligasi ini perlu banget kalian ketahui karena obligasi ini merupakan salah satu dari sebuah jenis investasi yang nantinya akan dapat mendatangkan banyaknya sebuah keuntungan. Sehingga jenis-jenis dari obligasi itu perlu banget kalian ketahui jika ingin memulai berbisnis. Nah, memang sih ada banyak banegt jenis-jenis dari obligasi ini sendiri. Akan tetapi yang sangat populer ini adalah obligasi dari Pemerintah loh. Sedangkan di Indonesia sendiri ada ORI, SBR, dan Sukuk, bingung kan kallian apa sih singkatan dari nama-nama tersebut. Nah, obligasi yang berasal dari pemerintah ini biasanya termasuk kedalam salah satu jenis obligasi yang berdasarkan dari penerbitnya ya.

Kalau kalian bingung apsih obligasi ini berikut ini merupakan penjelasan yang singkat dari jenis-jenis obligasi itu sendiri, berikut ulasannya :

1.      Jenis-Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit
Nah yang pertama ada nya obligasi daerah yang dinilai dapat bisa mempercepat sebuah pembangunan daerah loh, penerbitan dari obligasi daerah ini biasanya merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat mempercepat pembangunan sebuah daerah daerah.

2.      Obligasi Korporasi
Selanjutnya ada obligasi korporasi. Nah, ini biasanya merupakan surat utang piutang yang diterbitkan oleh para perusahaan tertentu loh. Bisa yang punya obligasi ini pihak BUMN dan juga pihak swasta, untuk menjatuhkan masa temponya minimal 1 tahun. Obligasi ini tidak dikeluarkan oleh Pemerintah, jadi risikonya akan lebih tinggi lagi jika dibandingkan dengan obligasi dari Pemerintah ya.

3.      Obligasi Kupon
Selanjutnya lagi ada obligasi kupon ini merupakan sebuah surat utang yang nantinya akan menjanjikan sebuah bunga secara berkala kepada para investornya loh. Dahulu, kupon ini berupa sebuah kupon yang ditempel atau dilampirkan pada sebuah surat utang secara fisik yang terlihat. Kemudian bisanya para invetor akan melakukan sebuah klaim pembayaran bunga, yang kemudian nantinya kupon tersebut disobek jika sudah melakukan pembayaran bunga.

4.      Obligasi Tukar
Yang keempat ini ada obligasi tukar yakni pemegang surat utang bisa mengubah obligasi menjadi sebuah saham afiliasi di penerbitnya. Misalnya saja pada sebuah saham milik anak ataupun induk perusahaan dari perusahaan.

5.      Obligasi Opsi Beli
Nah yang terkahir nih ada nya obligasi opsi beli  ini merupakan salah satu jenis obligasi dengan penerbit surat utang boleh membeli kembali obligasi dari pemegang suratnya. Pembelian ini tentu harus sesuai dengan harga yang sudah disepakati nah sama hal nya yang ada di perusahaan terkenal di indoensia ini jika kalian ingin membeli sebuah obligasi langsung dari penerbit nya maka mayora memiliki Informasi Obligasi Mayora yang dapat diakses oleh semua orang dan semua orang dapat meliat obligasi yang di tawarkan oleh peusahaan tersebut. Biasanya bisa saja kan lebih tinggi dari pada harga pasti atau bisa juga nilai harga dari penawaran perdana obligasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.