Blog tentang Motivasi dan Kata mutiara kehidupan bagi keluarga dan orang tercinta

Selasa, Juni 02, 2020

Pentingnya Dana Darurat Untuk Kebutuhan Mendadak Rumah Kamu


Pentingnya Dana Darurat Untuk Kebutuhan Mendadak Rumah Kamu
“Tinggal di kota besar tapi saya kesulitan mencari Service AC Tangerang di kota saya. Terlebih ketika atap rumah rembes dan bocor, panik, belum menyiapkan dana darurat juga untuk kondisi seperti ini.” Ujar teman saya.

Semakin meleknya pengetahuan finansial didorong dari berbagai pihak melalui sosial media, seperti informasi mengenai investasi, ternyata banyak komponen dalam penataan keuangan khususnya untuk milenial baik yang masih lajang ataupun yang sudah berkeluarga. Salah satu pembahasan yang menarik adalah dana darurat, terutama dana darurat untuk keperluan kebutuhan rumah kita. Melihat pernyataan teman saya diatas, saya jadi teringat salah satu buku.

Dalam buku karya Lutfi Trisandi Rizki dan Iin Susanto yang berjudul 10 Langkah Mudah Financial Planner, memiliki dana darurat merupakan salah satu langkah perlu dipesiapkan untuk menghadapi beragam kejadian yang memerlukan kita mengeluarkan dana dalam waktu sesegera mungkin. 

Idealnya, dana darurat itu harus likuid sehingga dapat dicairkan dalam waktu saat itu juga apabila diperlukan. Persiapan untuk dana darurat umumnya pun cukup panjang karena memang sifatnya untuk dana yang tidak terduga, biasanya memerlukan minimal 6-12 kali pengeluaran perbulan, untuk besaran disisihkannya biasanya dari 5-10% pendapatan.

Sebagai contoh, apabila pendapatan perbulan kamu adalah Rp 5.000.000 serta pengeluaran perbulan kamu adalah Rp 3.000.000, maka idealnya dana darurat yang perlu kamu miliki adalah Rp 3.000.000 x 6 = Rp 18.000.000, itu merupakan angka minimal dalam perhitungan untuk memiliki dana darurat. 

Berbicara mengenai dana darurat, kebutuhan-kebutuhan mendesak dalam rumah kita bisa saja membuat kita harus memikirkan untuk mempersiapkan dana darurat. Berikut ini adalah 5 masalah tak terduga rumah yang paling sering kita perlukan dana darurat untuk memperbaikinya:

1. Atap

Air tiba-tiba menetes disaat musim hujan mendatang, ember pun jadi alat paling beguna untuk menadahnya. 25 persen pemilik rumah berurusan dengan masalah satu ini. Kalau masalah hanya perlu menambal pastinya tidak akan memakan biaya yang banyak, tapi kalau masalahnya semakin serius, dana darurat pun terpaksa harus kita keluarkan untuk memperbaiki atap rumah.

2. Pipa Bocor

Pipa bocor tanpa terduga disaat kamu sedang harus memasak atau buru-buru bisa jadi hari yang tidak menyenangkan untuk kamu. Hanya dalam hitungan menit saja maka bagian dari rumah sudah dipenuhi dengan air. Beruntung kalau kamu tahu mengatasi masalah pipa rumahmu,  tapi kalau kamu yang tidak tahu apa-apa, memanggil seorang ahli sudah pasti jadi pilihan terbaik.

3. Mesin Cuci

Ketika si tenaga pencuci baju dirumah sedang ‘ngambek’ para ibu pun yang terkena imbas karena cucian yang menumpuk ditambah harus segera mungkin memperbaiki mesin cuci. Memanggil teknisi dari merek favorit kamu sudah pasti jawaban terpraktis yang diperlukan untuk si alat satu ini dapat beroperasi kembali.

4. Masalah Kabel

Mencium bau gosong dirumah pasti bisa bikin panik seisi rumah. 20% pemilik rumah berurusan dengan masalah kabel, mungkin kamu salah satu yang sudah pernah mengalaminya. Mengatasi masalah ini kalau kamu masih kurang berpengalaman memang baiknya memanggil orang yang ahli dalam masalah elektro untuk mempercepat penyelesaian masalah.

5. AC

Namanya juga teknologi, kapanpun dia ada masalah tidak kita tahu. AC tidak dingin, mengeluarkan aroma tidak sedap dan permasalahan lainnya bisa saja kamu alami. Dana darurat pun jadi andalan untuk memanggil Jasa Service AC untuk mengatasi masalah pendingin ruangan ini.

Berhubungan dengan dana darurat dan hal-hal yang  tak terduga yang terjadi didalam rumah kita, Halo Jasa dapat menjadi solusi kamu untuk menyelesaikan salah satu masalah yang sering terjadi yakni AC. Menyediakan Layanan On Demand untuk memperbaiki AC rumah kamu, Halo Jasa bekerja sama dengan vendor-vendor AC profesional serta handal. Kemudahan memanggil teknisi AC pun dapat kamu lakukan dengan sentuhan jari saja.

Ditambah lagi, biaya yang dikeluarkan untuk memanggil seorang teknisi AC dari Halo Jasa tidak membuat persediaan dana darurat kamu merosot tajam. Pengerjaan tepat waktu, harga kompetitif, kamu dan keluarga pun dapat merasa sejuk dengan AC dirumahmu. 

Berdasarkan pengalaman kamu sendiri, apa dana darurat yang paling sering dikeluarkan untuk keperluan tak terduga dirumah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.