Blog tentang Motivasi dan Kata mutiara kehidupan bagi keluarga dan orang tercinta

Selasa, Agustus 18, 2020

5 Cara Memilih Domain untuk Website


5 Cara Memilih Domain untuk Website

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer maupun internet. Domain berfungsi untuk memudahkan pengguna internet dalam mengakses suatu situs web. Jadi, Domain sangat penting dalam sebuah website.

Hal ini karena nama domain menjadi kunci utama dari situs web. Nama domain akan mengkomunikasikan informasi penting kepada orang yang mengakses web dan masuk dalam bot mesin pencari. Karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan atau memilih nama domain yang sesuai untuk bisnis Anda. 

Ada beberapa metode atau cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat nama domain Anda seefektif mungkin. Apa saja?

1.Pilih Ekstensi Nama Domain


Ekstensi domain adalah kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain seperti com, .net, .org, .id dan sebagainya. Menurut penelitian dari Domain Name Stat, 43% dari semua domain memiliki ekstensi “.com”. Seperti yang diketahui, “com” adalah yang paling familiar dan paling mudah diingat.

Meski begitu, Anda harus memilih ekstensi nama domain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setidaknya ada lebih dari 400 ekstensi berbeda yang tersedia namun untuk opsi yang paling populer dan mungkin sesuai untuk Anda yakni .com, .net, .org, .edu, .info, .biz dan .me

2.Gunakan Kata Kunci


Kata kunci memiliki peran penting dalam suatu domain. Dengan menggunakan kata kunci dalam nama domain Anda, Anda memberitahu mesin pencari tentang apa situs web Anda. Bersama dengan konten berkualitas dan pengalaman pengguna yang baik, kata kunci dalam domain Anda dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google.

Sangat sulit untuk menemukan domain yang bagus dengan kata kunci target Anda, yakni yang belum pernah digunakan. Anda harus kreatif dan menggabungkan kata kunci Anda dengan kata lain untuk membuat domain Anda menonjol.

3.Buat Nama Domain yang Mudah Diingat


Meskipun kata kunci itu penting tapi jangan berlebihan bahkan sampai membuat nama domain yang panjang. Lebih baik pilih nama domain yang pendek dan mudah diingat. Disarankan agar nama domain Anda kurang dari 15 karakter. Hal ini karena, Domain yang panjang akan lebih sulit untuk diingat oleh pengguna atau pengakses website.

Nama Domain yang panjang membuat pengguna lebih rentan memasukkan kesalahan ketik sehingga dapat mengakibatkan hilangnya trafik. Itulah mengapa ada baiknya jika Anda membuat Nama Domain yang lebih pendek.

4.Hindari Tanda Hubung dalam Nama Domain


Hindari membuat nama domain dengan tanda hubung. Tanda hubung bisa menjadi tanda domain spam yang tidak ingin Anda kaitkan. Domain dengan tanda hubung juga rentan salah ketik. Jika Anda memilih nama domain dengan tanda hubung karena domain yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain, maka pengguna Anda kemungkinan besar akan diarahkan ke situs pesaing jika mereka lupa mengetik tanda hubung tersebut.

5.Riset Nama Domain Anda


Sebelum Anda mendaftarkan nama domain, coba cari tahu apakah sudah ada website terdaftar menggunakan nama yang sama. Selain itu, Anda juga dapat melakukan penelusuran Google dan memeriksa ketersediaan nama di situs web media sosial populer seperti Twitter, Facebook, Instagram dan sebagainya. Anda bisa mendaftar sekaligus riset atau cek domain di DomaiNesia.

Nah, itulah beberapa cara simple dan mudah dalam memilih nama Domain yang tepat untuk website Anda. Semoga bermanfaat ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.