Articles by "bully"

acara aksesoris alami alergi alergitelur anak anakmuda. muda apartemen artis aset asset asuh asuransi asyura ayam ayamgoreng bahagia bahanalami bahasa bahasa inggris baju balita bangunan bau bau badan bau ketiak bayi belanja biangkeringat bisnis bogor buka puasa bulan ramdhan bulanramadan bulanramdhan bulansuci bully bunga cara Cerita Cinta coklat cuci tangan dapur dbd dealer demam demam berdarah depresi dewasa diare diet disney drone dunia e-commerce film finansial galau gambar ganguan mental germas gigi gokil goreng haid hajatan hamil harapan hsbc hukum hunian ibadah indonesia info informasi inggris jakarta jasam pekerjaan jenis jiwa kabah kaldu kaldububuk kaldububuknonmsg kamera karbohidrat kecelakaan kehamilan keinginan keluar keluarga kenakalan kendaraan kepribadian keringat kesehatan keto komunikasi konglomerat kontraksi kulit kulit bayi legalitas madinah makan makanan mall marvel masa depan masa lalu masak masakkan masyarakat mayora mekah memasak mencegah mengatasi menggambar menguangi menopause menstruasi menu mewah mewarnai mimpi mobil moral motivasi motivator motor msg mual muharram nakal nasi nasi tumpeng nasi tumpeng jakarta negara negatif nyamuk obat online onlinemall orangtua pakaian pencernaan penerjemah pengobatan pengusaha penterjemah penyebab penyebabbiangkeringat penyedap penyedapmakanan penyedaprasa perasaan perempuan. dismenore pergaulan Perjalanan Hidup perlindungan permainan perumahan perusahaan pola polaasuh polusi polusi udara positif pregnant premenopause pribadi properti psikologi puasa ramadan ramdhan redmi redmi6a remaja resep resepayam rileks rumah sabun sabun bayi sai tumpeng mini sakitgigi sayang schadenfreude sedih sehat sekolah senang sertifikat sertifikatanah sewa apartemen. apartemen mewah shop shopping smartphone spare part sparepart spider-man spiderman stnk stres stress syukuran tabungan takjil tanah tasu'a teknologi telur terbaik terkini terpopuler Tips toko toko bunga tradisi translate trauma trik tutorial umroh umum unik usu buntu usus varises vena wanita warna xiaomi youtuber
Showing posts with label bully. Show all posts


Schadenfreude, Perasaan Senang Melihat Orang Lain Kesusahan

Bicara tentang perasaan manusia, tentu akan menyinggung juga soal ranah psikologi dan seluruh tetek bengeknya, yang mana sangat kompleks dan nggak bisa selesai hanya dengan obrolan beberapa jam di warung kopi. Tapi untuk menyederhanakannya, kita bisa mengelompokkan 5 perasaan atau emosi manusia seperti yang ada di film animasi garapan Pixar berjudul Inside Out; senang, sedih, marah, takut, dan jijik.

Namun ternyata ada juga satu jenis emosi yang sudah sejak lama jadi perhatian peneliti, namanya yaitu schadenfreude. Diambil dari Bahasa Jerman, istilah itu dipakai untuk menyebut perasaan senang ketika melihat orang lain kesusahan, entah saat karirnya jatuh, tersandung batu, atau ketika kalah dalam kompetisi. Biasanya perasaan itu dimiliki karakter antagonis di sebuah film atau sinetron.

Perlakuan jahat ibu tiri yang sering kita lihat di sinetron-sinetron ternyata ada istilah sains-nya: schadenfreude. Lebih spesifik lagi, istilah itu merujuk ke perasaan senang di atas penderitaan orang lain.

Schadenfreude, dalam Bahasa Jerman artinya “sakit bahagia”. Kalau kalian pernah merasakan hal begitu senang melihat teman atau saudara mu kesusahan, artinya emosimu sedang schadenfreude. Para ilmuwan butuh waktu lama untuk dapat mempelajari emosi ini karena ia bisa muncul di berbagai situasi. Belum lagi adanya sebuah kemiripan dengan rasa iri dan dengki yang mungkin sudah lebih dulu familiar di telinga kita. Jadi sampai saat ini pun sebenarnya nggak ada definisi yang bisa disepakati bersama.

Walau mungkin saja cukup sulit untuk dipahami secara ilmiah, tapi ada bukti kalau anak kecil ternyata sudah bisa merasakan schadenfreude ini lo.

Dari penelitian yang udah pernah dilakukan, terbukti kalau jenis emosi ini udah bisa dirasakan oleh anak kecil. Pada anak-anak umur 4 tahun, mereka sudah bisa tertawa saat melihat temannya jatuh ke lumpur. Akan lebih lucu lagi kalau sebelumnya temannya itu sudah berbuat jahat kepadanya misalnya merusak mainannya.

Penelitian lain juga menemukan bahwa kalau anak umur 2 tahun sudah bisa cemburu dan merasa senang kalau melihat temannya kesulitan. Di umur 7 tahun, anak-anak akan lebih senang saat melihat temannya kalah dalam permainan ketimbang sama-sama menang.

Setelah dengan penelitian yang panjang itu hanya untuk berusaha memahami schadenfreude, akhirnya para peneliti sepakat menganggap emosi ini sebagai bentuk dehumanisasi.

Mungkin hampir semua psikolog atau peneliti di bidangnya sepakat kalau schadenfreude ini memang termasuk emosi yang kompleks. Tapi setelah melalui berbagai pertimbangan, ahli psikologi Scott Lilienfeld, Philippe Rochat dan beberapa kawannya memutuskan menggolongkan schadenfreude sebagai bentuk dehumanisasi –tindakan yang menganggap orang lain lebih rendah derajatnya dari manusia. Contoh tindakan ini bisa dilihat pada kasus-kasus perang kemanusiaan, propaganda rasis, atau kejadian di ruang penyiksaan.

Namun walau sudah ada kesepakatan itu, masih butuh penelitian lebih lanjut soal emosi satu ini, mengingat cakupannya yang begitu luas.


 
Apakah kalian tau. Bullying bisa terjadi pada siapa pun dan dimana pun. Bukan hanya pada remaja di sekolah, banyak orang yang bahkan telah bekerja pun mendapatkan bullying di tempat kerja yang juga sering sekali terjadi. Hanya saja, bullying tidak bisa semudah itu dikenali tanda-tandanya. Kadang, bullying begitu terselubung sehingga Anda yang menjadi korban pun tak menyadarinya.  Yuk kita simak tips berikut.
 

1. Berikan Reaksi Sewajarnya  

 
Tujuan orang membully kita adalah karena dia ingin melihat kita 'Down' dan terpuruk. Mereka suka melihat kita malu dan marah, karena itu kalau agan di bully berikan rekasi sewajarnya, jangan marah berlebihan atau sedih berlebihan karena itu yang mereka inginkan.

Kalau memungkinkan, bersikaplah biasa saja dan wajar. Mereka yang membully kita akan capek sendiri kalau kita tidak bereaksi seperti yang mereka inginkan.
 
 

 2. Jawab dengan Cerdas

 
Kalau kita dalam posisi benar kita jangan pernah takut dengan yang membully kita
Jangan terpancing emosi dan marah-marah tidak jelas, jawab semua bully itu dengan cerdas dan terarah.
Kalau semua data dan jawaban kita benar mereka akan malu sendiri dengan apa yang mereka katakan pada kita 


3. Balas dengan Karya dan Prestasi

 
Kadang-kadang bully bisa jadi cambuk agar kita lebih baik, kalau kita dibully karena dibilang 'bodoh' coba kita belajar lebih tekun dan tunjukan prestasi kita
Cara ini adalah cara paling ampuh dan manjur dalam menghadapi bully, banyak orang-orang hebat yang bangkit 1000x lebih hebat setelah kena Bully sebut saja Taylor swift, Ed Sheeran. Bahkan Pak Jokowi sekalipun sering kena Bully! Waktu jadi gubernur dia dibully habis-habisan, eh sekarang malah jadi Presiden kan??
 
 

4. Kadang kita perlu bicara dengan Orang lain

Saat bully an sudah terlampau berlebihan dan kita sudah tidak bisa menahannya, berbicara / curhat dengan orang yang tepat bisa meringkankan beban daripada kita memendamnya sendiri.
Pilih teman curhat yang pas, biasanya orang tua atau saudara adalah pilihan yang tepat, kalaupun orang lain maka berbicaralah dengan orang yang paling kamu percaya
 

5. Belajar Bela Diri

Bully itu kadang bukan cuma bersifat Verbal kadang juga ada yang membully secara Fisik
Belajar bela diri adalah cara yang bagus untuk menghadapi bully semacam itu, tapi setelah jago jangan balas dendam dengan membully balik, sama aja dong kalo kaya gitu mah kita dengan dia dulu.
 
 
Nah gimana sobat. Untuk kalian yang meras sering kena bully wajib banget tau tips diatas dan langsung praktekan yah. Jangan lupa share agar artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.