Qurban Sebentar Lagi, Ini Dia 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Hari Raya Idul Adha

Sumber: pixabay.com

Hai sahabat pejuangmimpi! Gimana nih, kabar hari ini? Mudah-mudahan sehat selalu ya.

Hari Raya Idul Adha atau sering disebut Hari Raya Qurban merupakan salah satu hari besar para umat Islam di seluruh dunia. Nah, biasanya hari raya ini identik dengan penyembelihan hewan qurban. Wah, enak nih dapat daging, bisa makan daging tiap hari.

Tapi tunggu dulu, jangan asal makan aja yang penting enak ya. Kesehatan pastinya harus tetap dijaga. Nah, kira-kira, apa yang harus kita lakuin buat jaga kesehatan selama masa Hari Raya Idul Adha? Yuk, baca tipsnya di artikel ini.

Oh iya, jangan lupa untuk sholat ya, kalau sudah denger adzan berkumandang, yuk langsung ambil wudhu dulu terus siap-siap untuk sholat.

1. Sterilkan Semua Peralatan Sebelum Memasak

Sumber: pixabay.com

Sebelum kita memasak apapun itu, pastikan dulu semua peralatan masaknya sudah bersih dan steril ya. Tujuannya? Ya sudah pasti dong, biar nggak ada kuman yang menempel di peralatannya itu. Coba bayangin, kalau pas masak, ternyata wajannya bekas kena kecoa, terus kuman-kuman dan bakterinya nempel di wajan. Makanan kita jadi terkontaminasi dong, dan akhirnya bikin kita jadi sakit. Nggak mau kan, niatnya mau makan daging yang enak, eh malahan jadi sakit perut.

Jadi, pastikan ya setiap peralatan masaknya dicuci dengan baik. Gunakan sabun cuci piring juga agar kuman dan bakteri mati, dan kalau sudah dicuci bersih dikeringkan dulu peralatannya sebelum digunakan, agar tidak ada kotoran  yang mungkin aja menempel di sisa-sisa tetesan air.

2. Bersihkan Daging Yang Mau Dimasak

Selain peralatan masak yang dicuci, daging qurban yang akan dimasak juga perlu dibersihkan lho. Jangan sampe peralatannya udah dicuci, eh dagingnya belepotan kena tanah langsung dimasukin ke wajan. Duh, ya sama aja boong dong. Pastikan dulu dagingnya dicuci pakai air bersih sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran atau tanah yang menempel ya.

3. Pastikan Daging Qurban Dimasak Sampai Matang

Sumber: pixabay.com

Setelah peralatan siap, daging sudah dicuci, saatnya kita masak. Mau dibuat apa ya kira-kira? Rendang, sup, dendeng, atau dimasak apa lagi nih? Apapun masakan yang sahabat pejuangmimpi buat, pastikan daging yang dimasak bener-bener harus mateng ya. Jangan sampe karena nggak sabaran pengen makan, eh baru dimasak 1 menit langsung dimakan, ya jangan dong.

Tujuan dagingnya dimasak sampai matang itu, agar kalau masih ada "makhluk-makhluk mikroskopis" yang menempel di daging bisa termusnahkan dan tidak bikin si pemakan daging jadi sakit perut. Jadi, sabar aja nunggu masakannya mateng ya.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Sumber: pixabay.com

Ini nih, yang nggak kalah penting. Minum air putih itu penting banget buat menjaga kesehatan dan metabolisme dalam tubuh kita. Ketika makan daging, banyak zat-zat seperti lemak, kolesterol, dan lain-lainnya masuk ke dalam tubuh kita. Nah, buat menetralkan tubuh kita agar tidak terserang penyakit karena zat-zat tadi yang berlebih, harus banyak-banyak minum air putih. Nggak perlu sekali minum langsung habis satu galon. Minum aja dikit-dikit, tapi sering.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah-Buahan

Sumber: pixabay.com

Nah, yang satu ini juga nggak kalah pentingnya ya sahabat. Selain perbanyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan juga perlu. Kalau kita tiap hari makan daging terus, tapi nggak diimbangi dengan sayur dan buah-buahan, nanti kolesterol,lemak, dan zat jahat lainnya bakal lebih ganas nih menumpuk di tubuh kita.

Makanya, sayur dan buah-buahan juga diperlukan agar kebutuhan vitamin dan mineralnya tercukupi, serta gizinya seimbang.

6. Tidak Mengkonsumsi Daging Secara Berlebihan

Yang terakhir ini, salah satu yang paling penting nih sahabat. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho. Karena kita lagi punya banyak daging, bukan berarti langsung kita habisin semuanya sekaligus. Walaupun sudah diimbangi dengan minum air putih serta makan sayur dan buah-buahan, tetep aja nih porsi makan dagingnya secukupnya aja ya.

Udah tahu kan, gimana cara menjaga kesehatan ketika Hari Raya Idul Adha? Yang nggak kalah penting, selalu berdoa untuk keselamatan kita dan bersyukur setiap hari.

Oh iya, kalau ada yang berniat untuk ikut qurban di tahun ini, ada lembaga yang siap nih mengadakan qurban, yaitu Yayasan Daarul Iman Bengkulu. Di lembaga ini ada program bernama Qurban Berkah Bersama Penghafal Al-Qur'an. Jadi, buat yang ikutan qurban disini, In syaa Allah akan mendapatkan keberkahan juga, karena daging qurbannya juga akan disalurkan kepada para penghafal Al-Qur'an lho sahabat. Buat yang mau daftar, bisa cek informasinya dengan klik link disini ya.

Kalau ada tips lainnya atau ada koreksi dari tulisan ini, silahkan kasih komentar sahabat di kolom komentar ya.

See you next time, and have a nice day. Don't forget to pray and always do a goodness.

Penulis : Afrian Reastu Prayogi

Posting Komentar

0 Komentar