Menjaga Kesehatan Itu Tidak Penting? Baca Dulu Akibatnya.

Sumber: pixabay.com

Pada suatu waktu, seseorang sedang jatuh sakit. Bisa jadi sakit karena disebabkan oleh makanan yang dimakan, terlalu lelah, ataupun karena terlalu banyak pikiran yang melanda kepalanya. Namun, bagi orang yang sedang sehat, pernahkan terpikir bahwa menjaga kesehatan itu penting? Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan pentingkah menjaga kesehatan itu?

1. Dari Segi Ekonomi
Sumber: pixabay.com

Apa hubungan antara kesehatan dengan ekonomi? Tidak adakah hubungannya antara kedua hal itu? Mari kita ambil contoh orang yang sedang sakit. Ketika seseorang itu sakit, hal pertama yang dia inginkan adalah istirahat. Namun ketika istirahat tidak cukup menyembuhkannya, dia akan mencari obat, entah itu di warung, di apotek, atau di penjual obat-obatan lainnya.
Setelah meminum obat, ternyata sakitnya pun belum sembuh juga. Akhirnya dia pergi ke dokter untuk diperiksa. Dan setelah diperiksa, apa yang terjadi? Ternyata dia menderita penyakit yang sangat parah sehingga harus dirawat atau bahkan dilakukan tindakan operasi.
Lalu ketika hal itu terjadi, apa yang kita butuhkan? Tentu saja kita butuh uang untuk mendapatkan perawatan tersebut. Bahkan sebelum mendapatkan perawatan, ketika kita berada di tahap mencari obat pun sudah harus mengeluarkan uang. Kesimpulannya, sehat itu mahal. Ketika sakit, kita membutuhkan uang untuk berobat.

2. Dari Segi Waktu
Sumber: pixabay.com

Anggap saja ada seseorang yang bekerja di kantor pemerintahan. Setiap hari dia mengurus administrasi yang berhubungan dengan pekerjaannya. Bahkan, terkadang harus bekerja lembur untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya. Ketika orang tersebut jatuh sakit, maka dia kesulitan atau bahkan tidak bisa melakukan pekerjaannya yang biasa dia lakukan.
Dari hal ini, sudah dapat terlihat bahwa kesehatan berhubungan langsung dengan waktu. Ketika kita sakit, banyak waktu yang terlewati. Banyak hal yang seharusnya dapat kita lakukan disaat sehat, namun harus kita biarkan waktu terlewati karena kita sakit dan tidak bisa melakukan apa-apa.

3. Dari Segi Interaksi Sosial
Sumber: pixabay.com

Disaat sehat, kita banyak melakukan berbagai interaksi sosial. Kita bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai macam kalangan. Interaksi sosial sangat penting mengingat kita manusia adalah sebagai makhluk sosial. Kita membutuhkan interaksi dengan orang lain untuk melakukan berbagai macam hal, baik itu pekerjaan, sekedar mengobrol, membangun koneksi, dan lain sebagainya.
Interaksi sosial ini tidak bisa didapat ketika kita sedang jatuh sakit. Mungkin kita masih dapat berinteraksi dengan orang lain, baik itu secara langsung maupun tidak langsung (contohnya media sosial). Namun, interaksi yang terjadi menjadi kurang efektif. Bisa jadi ketika sakit kita harus mengurangi interaksi sosial agar bisa beristirahat dengan baik. Seberapa banyak interaksi sosial yang harusnya terjadi justru terbuang karena kita sakit? Seharusnya banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan ketika sehat, namun tidak bisa dilakukan karena sakit.

4. Dari Segi Orang Lain
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kita saling membutuhkan orang lain, baik disaat suka maupun duka. Ketika kita sakit pun, kita membutuhkan orang lain yang dapat merawat kita. Meskipun bisa saja kita merawat diri sendiri, namun akan lebih baik ketika ada orang lain baik itu teman, keluarga, ataupun kerabat di sisi kita.
Dari hal ini, kita bisa membangun kedekatan dengan kerabat kita, namun pernahkah terpikir seberapa banyak waktu yang mereka butuhkan untuk merawat kita, mengorbankan waktu mereka demi kita? Itu merupakan hal yang sangat berharga tentunya.

Dari beberapa hal yang telah disebutkan diatas, lalu bagaimana menurut kita sendiri? Apakah kesehatan itu penting? Tentu saja tidak penting. Tidak penting bagi mereka yang ingin memboroskan uang dan membuang waktu yang berharga. Jadi, tetaplah jaga kesehatan diri kita. Meskipun sakit bisa datang kapan saja, menjaga kesehatan dimanapun dan kapanpun sangatlah penting. Jaga diri kita dan keluarga kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Perbanyaklah makan yang bergizi dan berolahraga teratur.

Dan yang paling penting, selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT agar kita dan keluarga kita selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan segala urusan kita.

Posting Komentar

0 Komentar