Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi, Lembaga yang Akan Membangun Peradaban Baru di Masa Depan

Sumber: Dokumentasi Lembaga

Halo sahabat pejuangmimpi! Bagaimana kabarmu hari ini? Sehatkah ataukah sedang kurang sehat? Bagaimanapun kabarmu, jangan lupa untuk tetap bersyukur ya, karena kita masih bisa diberikan kesempatan untuk menghirup udara yang segar hari ini dan bahkan masih sempat membaca tulisan dari pejuangmimpi. Yang sehat tetap jaga kesehatannya, sedangkan yang sakit mudah-mudahan segera diberikan kesehatan dan kesembuhan ya . . .

Pada kesempatan kali ini pejuangmimpi akan memberikanmu informasi sebuah lembaga yang mengkhususkan diri dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Nama lembaga ini adalah Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi. Nah, sesuai dengan namanya, ini merupakan sebuah lembaga yang mengkhususkan dalam Tahfidz Al-Qur'an. Tahukan apa itu Tahfidz Al-Qur'an? Bagi yang belum tahu, Tahfidz Al-Qur'an adalah suatu kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur'an. Nah, disini, para murid/santri menyetorkan hafalannya kepada guru/ustadz dan ustadzahnya. Wah, pasti seru bukan?

Sumber: Dokumentasi Lembaga

Jadi sudah tahu kan apa itu Tahfidz Al-Qur'an? Jadi, di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi ini para santri setiap harinya diharuskan untuk menyetorkan hafalan Al-Qur'an kepada para ustadz-ustadz yang mengajar disini. Tapi, meskipun namanya Rumah Tahfidz, bukan berarti kegiatannya setiap hari cuma setoran hafalan doang ya. Para santri juga diajarkan pelajaran lainnya, seperti Bahasa Arab (wah, keren nih bisa ngomong Bahasa Arab), fikih, akhlak, serta ada juga pelajaran umumnya dan kegiatan-kegiatan yang lainnya juga.

Jadi, di lembaga ini para santri bukan hanya belajar Tahfidz Al-Qur'an aja, tapi juga diajarkan bagaimana berakhlak yang baik, serta diajarkan ilmu-ilmu lainnya.

Terus, siapa aja nih, atau mulai umur berapa nih bisa masuk ke lembaga ini? Untuk Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi ini dikhususkan untuk anak-anak laki-laki usia tamatan SD. Jadi, bisa dibilang di lembaga ini tuh khusus untuk anak laki-laki yang sedang berada di usia SMP. Untuk kegiatannya sendiri, semua kegiatan dilaksanakan di Rumah Tahfidz ini, dan anak-anak santrinya juga tinggal disini. Jadi, nggak perlu khawatir untuk para orang tua khususnya anak-anaknya bakal terpengaruh hal-hal yang kurang baik, karena mereka In syaa Allah terjaga di lembaga ini. Beda dong pastinya kalau mereka bergaul dengan orang-orang luar, main jauh-jauh kesana kemari dan tertawa, tapi tidak mempunyai akhlak yang baik.

Hmmm . . . tiap hari belajar terus di pondok, tiap hari setoran hafalan terus. Pasti bakalan bosen nih kayaknya kalau disini. Eits, tunggu dulu. Kegiatan efektif belajar mengajar di lembaga ini dilaksanakan dari Senin - Jumat. Selain ada kegiatan belajar mengajar, ada juga kegiatan ekstrakurikulernya lho. Salah satunya adalah Pencak Silat. Tahu kan apa itu Pencak Silat? Yaps, itu merupakan salah satu seni bela diri yang terkenal dari Indonesia. Jadi, selain pinter otak kita diisi ilmu, badan juga sehat kalau ikut Pencak Silat, dan bisa melindungi kita dari bahaya, karena dalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana melindungi diri kita dari bahaya. Tapi jangan dipakai untuk bertumbuk ya, gunakan untuk kebaikan yaitu melindungi diri kita dan orang-orang terdekat kita, jangan disalahgunakan.

Sumber: Dokumentasi Lembaga

Terus, ada nggak kegiatan lainnya kalau di hari Sabtu dan Minggu? Nah, kalau selain hari efektif kegiatan belajar mengajar, disini juga ada kegiatan untuk refreshing lho. Jadi, ketika bukan hari efektif belajar mengajar, para santri diajak juga melakukan kegiatan diluar. Misalnya saja, berolahraga di pantai. Kebetulan banget nih Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi ini lokasinya dekat dengan pantai, cuma jalan kaki nggak nyampe 5 menit udah bisa sampe ke pantai. Apalagi pantainya disini terkenal dengan keindahannya di Kota Bengkulu. Duh, pasti seru deh olahraga disini, bisa main sepak bola bareng temen-temen pas lagi hari bukan efektif untuk belajar.

Cuma olahraga aja nih refreshingnya? Ya nggak dong, selain olahraga juga di saat tertentu kita bakalan diajak sama ustadz-ustadznya jalan-jalan juga. Kadang berenang di kolam renang, kadang ke tempat wisata dalam kota, bahkan kadang juga diajak keluar kota lho. Misalnya saja ke wisata air terjun, wisata taman, dan wisata-wisata lainnya. Wih, seru banget kan?

Terus, gimana sama makan sehari-hari? Kan kalau tinggal di pondok Rumah Tahfidz pasti jauh dari orang tua, makannya gimana? Tenang aja, untuk makan sehari-harinya sudah disediakan kok, tiap hari kita makan tiga kali sehari. Jadi nggak usah khawatir bakalan kekurangan gizi disini.

Nah, gimana? Seru bukan? Selain kita belajar ilmu agama, kita juga nggak akan stress dan khawatir bakalan belajar terus setiap hari. Akan ada waktu buat menyegarkan pikiran kita biar nggak stress disini. Sebenernya, masih banyak hal-hal yang amazing yang penulis pengen sampaikan, namun karena keterbatasan, jadi segini dulu nih yang yang bisa pejuangmimpi sajikan buat kamu.

Buat yang penasaran dengan lembaga ini, bisa datang langsung ke lokasinya. Alamatnya bisa dilihat di bawah ini beserta lokasi google mapsnya juga ya . . .

Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi, Jl. Belato No. 56 RT 006 RW 002, Kelurahan Berkas, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu

 

Buat informasi tambahan, Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi ini di bawah Yayasan Daarul Iman Bengkulu yang mengkhususkan dalam bidang Pendidikan, Sosial, dan Dakwah. Selain Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi, ada juga lembaga lainnya di bawah yayasan ini, antara lain Rumah Tahfidz Fatimah (khusus perempuan) dan Rumah Tahfidz Tarbiyaturruhana (khusus laki-laki usia SMA). Selain itu ada juga sekolah yang baru akan dimulai pembelajaran tahun ini, yaitu SD Quran Bakti Ilaahi, serta ada juga Lazis Daarul Iman Bengkulu yang khusus menghimpun donasi.

Sudah dulu ya, semoga di lain kesempatan bakalan bisa berbagi mengenai lembaga-lembaga yang lainnya . . .

Posting Komentar

0 Komentar